Jumat, 07 September 2012

8 Kartel Penguasa Perdagangan “Hitam” di Meksiko

Perang Narkoba Meksiko adalah konflik bersenjata antara kartel narkoba dan pemerintah Meksiko. Peperangan ini menyebabkan penangkapan beberapa figur penting pada perdagangan narkoba. Meksiko merupakan rute utama kokain dan narkoba ilegal lainnya untuk memasuki Amerika Serikat dan Kanada. Diantara sekian banyak kartel penguasa, berikut Gue hadirkan kartel penguasa perdagangan obat dan narkoba di Meksiko:

1. Kartel Sinaloa

Kartel Sinaloa (Spanyol: kartel Sinaloa de atau CDS) adalah sindikat kejahatan dan perdagangan obat terorganisir yang berbasis di kota Culiacán, Sinaloa, yang beroperasi di negara bagian Meksiko Baja California, Durango, Sonora dan Chihuahua. Kartel ini juga dikenal sebagai Organisasi Guzmán Loera dan Kartel Pasifik, yang mana di pantai Meksiko dari mana ia berasal. Kartel juga telah disebut Federasi dan Aliansi Darah. ‘Federation’ adalah sebagian membentuk Beltran Leyva yang merupakan pecahan dari Kartel Sinaloa.
Komunitas Intelijen Amerika Serikat menganggap Kartel Sinalo “kartel yang paling kuat organisasi perdagangan obat di dunia” dan tahun 2011, Los Angeles Times menyebutnya sebagai “kelompok kejahatan terorganisir yang paling kuat di Meksiko.”
Kartel Sinaloa dikaitkan dengan label “Golden Triangle”, yang mengacu pada negara bagian Sinaloa, Durango, dan Chihuahua. Daerah ini merupakan produsen utama opium dan ganja Meksiko. Menurut Jaksa Agung AS, Kartel Sinaloa bertanggung jawab untuk mengimpor ke Amerika Serikat dan mendistribusikan hampir 200 ton kokain dan heroin dalam jumlah besar antara tahun 1990 dan 2008.

2. Kartel Gulf

Kartel Gulf (Spanyol: Cartel del Golfo, Golfos, atau CDG) adalah sebuah sindikat kriminal dan organisasi perdagangan narkoba di Meksiko, dan mungkin kelompok kejahatan terorganisir tertua di negara ini. Kartel Gulf saat ini berbasis di Matamoros, Tamaulipas, tepat di seberang perbatasan dari Brownsville, Texas.
Jaringan mereka adalah internasional, dan diyakini memiliki hubungan dengan kelompok-kelompok kejahatan di Eropa, Afrika Barat, Asia, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Amerika Serikat. Selain perdagangan narkoba, Kartel Gulf beroperasi melalui jasa perlindungan, pembunuhan, pemerasan, penculikan, dan kegiatan kriminal lainnya. Kartel Gulf dikenal mengintimidasi penduduk “terutama kekerasan.”

3. Kartel Juarez

Kartel Juarez (Spanyol: Cartel de Juarez), juga dikenal sebagai Organisasi Carrillo Fuentes Vicente, adalah kartel narkoba Meksiko yang berbasis di Ciudad Juarez, Chihuahua, Meksiko, di seberang perbatasan dari El Paso, Texas.
Kartel ini adalah salah satu organisasi perdagangan narkoba yang telah dikenal brutal untuk memancung saingan mereka, memotong-motong mayat mereka dan membuang mereka di tempat umum untuk menanamkan rasa takut tidak hanya ke masyarakat umum, tetapi juga ke penegak hukum setempat dan saingan mereka, seperti Kartel Sinaloa. Kartel Juarez memiliki sayap bersenjata yang dikenal sebagai La Linea, sebuah geng jalanan Juarez yang biasanya melakukan eksekusi.
Kartel Juarez adalah pemain dominan di pusat negara, mengendalikan sebagian besar lalu lintas kokain dari Mexico ke Amerika Serikat. Kematian Amado Carrillo Fuentes pada tahun 1997, bagaimanapun, adalah awal dari penurunan dari kartel Juarez.
Pada September 2011, Polisi Federal Meksiko diberitahu bahwa kartel ini sekarang dikenal sebagai “Kartel Nuevo de Juárez” (New Juárez Kartel). Hal ini diduga bahwa ‘Cartel New Juárez’ bertanggung jawab atas eksekusi baru-baru ini di Ciudad Juarez dan Chihuahua.

4. Kartel Los Zetas

Los Zetas (Zetas, Zs) merupakan sindikat kriminal dan kekerasan yang kuat di Meksiko, dan dianggap oleh pemerintah AS sebagai “yang paling berteknologi maju, canggih, dan berbahaya kartel yang beroperasi di Meksiko.” Asal-usul tanggal Los Zetas kembali ke 1999, ketika pasukan komando dari pasukan elit Angkatan Darat Meksiko yang ditinggal barisan mereka dan memutuskan untuk bekerja sebagai sayap bersenjata Kartel Gulf, sebuah organisasi kuat perdagangan obat. Pada bulan Februari 2010, Los Zetas memisahkan diri dari mantan majikannya mereka dan membentuk organisasi kriminal mereka sendiri.
Karena latar belakang militer mereka, Los Zetas bersenjata baik, sangat terorganisir dan dilengkapi;. taktik brutal mereka, yang meliputi pemenggalan, penyiksaan dan tanpa pandang bulu pembantaian, menunjukkan bahwa mereka biasanya lebih memilih kebrutalan atas penyuapan. Los Zetas juga kartel narkoba terbesar Meksiko dalam hal kehadiran geografis, menyalip saingan besar, Kartel Sinaloa. Selain perdagangan narkoba, Los Zetas beroperasi melalui jasa perlindungan, pembunuhan, pemerasan, penculikan, dan kegiatan kriminal lainnya. Organisasi ini didasarkan di Nuevo Laredo, Tamaulipas, tepat di seberang perbatasan dari Laredo, Texas.

5. Kartel Beltran Leyva

Kartel Beltran Leyva (Spanyol: Cartel de los Beltrán Leyva atau CBL) adalah kartel narkoba Meksiko dan sindikat kejahatan terorganisir yang didirikan oleh empat bersaudara Leyva Beltran: Marcos Arturo, Carlos, Alfredo dan Héctor.
Kartel ini bertanggung jawab atas perdagangan kokain, produksi ganja, dan produksi heroin. Kartel Beltran Leyva mengendalikan banyak jalur perdagangan narkoba, dan terlibat dalam penyelundupan manusia, pencucian uang, pemerasan, penculikan, pembunuhan dan perdagangan senjata.
Jaringan kartel ini cukup kuat, hingga berhasil menyusup ke jajaran berbagai instansi pemerintah Meksiko dan bahkan Interpol Meksiko. Pemimpinnya diketahui, Hector Beltran Leyva, menjadi buronan dengan imbalan multi-juta dolar di kepalanya oleh kedua pemerintahan Amerika dan pemerintah Meksiko.

6. Kartel Ksatria Templar

Kartel Ksatria Templar (Spanyol: Caballeros Templarios) adalah sebuah organisasi kriminal Meksiko dan sebuah cabang dari kartel narkoba La Familia Michoacana berbasis di negara bagian Meksiko Michoacán.
Setelah kematian Nazario Moreno González, pemimpin kartel La Familia Michoacana, co-pendiri kartel lainnya, Enrique Plancarte Solis dan Servando Gómez Martínez, membentuk cabang dari La Familia dan menamakan dirinya Caballeros Templarios (atau Ksatria Templar). Kartel Ksatria Templar mengindoktrinasi koperasi untuk “berjuang dan mati” untuk apa yang mereka sebut “keadilan sosial”. Mereka telah mengambil kontrol penuh dari jalur operasi La Familia Michoacana sekarang di negara-negara seperti Michoacán, Guerrero, Negara Bagian Mexico, Morelos . Sayap bersenjatanya adalah La Resistencia.

7. Kartel Tijuana

Kartel Tijuana (Spanyol: kartel de Tijuana atau Arellano-Félix Organisasi atau kartel Arellano Félix – CAF) adalah kartel narkoba Meksiko yang berbasis di Tijuana. Kartel itu digambarkan sebagai “salah satu kelompok kriminal terbesar dan paling keras di Meksiko”. Kartel Tijuana adalah kartel rival Kartel Juarez yang bersaing dalam Lalu Lintasperdagangan obat di Meksiko.

8. Kartel La Familia Michoacana

La Familia Michoacana, atau LFM adalah kartel narkoba Meksiko dan sindikat kejahatan terorganisir yang berbasis di negara bagian Meksiko Michoacán. Sebelumnya bersekutu dengan Kartel Gulf-sebagai bagian dari Los Zetas-memisahkan diri pada tahun 2006.
Kartel pertama pemimpin, Nazario Moreno González, yang dikenal sebagai Más El Loco diberitakan hak ilahi organisasinya untuk menghilangkan musuh. Dia membawa sebuah “Alkitab” dari ucapan sendiri dan bersikeras bahwa pasukannya dari pedagang dan hitmen menghindari menggunakan narkotika yang mereka jual. Mitra Nazario Moreno adalah José de Jesús Méndez Vargas, Servando Gómez Martínez dan Enrique Plancarte Solis, yang masing-masing memiliki reward $ 2 juta untuk penangkapannya.
Pembunuhan pendiri dan pemimpin Nazario Moreno González dan memberikan kontribusi signifikan terhadap Polisi Federal Meksiko (SSP) yang menyatakan, pada 2 November 2011, bahwa kartel La Familia sekarang telah punah dan dibubarkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar