Sabtu, 08 September 2012

10 Pengumpan Paling Akurat di Eropa

Sepak bola modern saat ini lebih kompleks. Permainan tak lagi mengandalkan satu pengatur serangan di tengah atau satu penyerang target di depan. Kolektivitas tim adalah mutlak.

Namun otak dan jantung dari permainan tetap ada di lapangan tengah. Di sini peran para gelandang sangat penting. Secara dasar para gelandang bertugas mengatur dan membangun serangan ke pertahanan lawan dan menahan serangan atau penguasaan bola tim lawan.

Para gelandang juga harus mampu melakukan penguasaan bola selama dan seefektif mungkin. Karena salah satu cara memenangi pertandingan adalah melakukan penguasaan bola selama mungkin di lapangan tengah.

Makanya kemampuan mengumpan dengan tepat oleh para gelandang menjadi keharusan, selain stamina yang prima dan keahlian individu mengolah bola.

Berikut ini catatan yang dibuat oleh Whoscored.com mengenai pemain yang memiliki umpan paling akurat di liga-liga Eropa musim lalu.

Para pemain yang diteliti sedikitnya tampil 20 kali dalam musim tersebut dan mampu memberikan umpat matang minimal sekali.

Dari 10 pengumpan teratas, enam di antaranya ada di Liga Premier Inggris. Penyumbang daftar kedua berasal dari Bundesliga, yang menyumbang dua pemain. Sisanya, masing-masing satu, berasal dari Italia dan Spanyol.

Tingkat akurasi yang dihitung adalah dari total umpan yang diberikan kepada rekannya saat bertanding, berapa persen tingkat akurasinya hingga bisa dimanfaatkan untuk menciptakan peluang mencetak gol ke gawang lawan. Kemudian dihitung juga, dalam setiap pertandingan, berapa rata-rata umpan akurat yang disumbangkan setiap pemain.

Bisa jadi, seorang pemain seperti Tamas Hajnal dari Stuttgart, memasok umpan akurat lebih banyak dibandingkan pemain lain pada setiap pertandingan. Namun, secara keseluruhan penampilannya belum tentu memiliki tingkat akurasi yang lebih besar.

Jika dihitung agregat seluruh pertandingan, mengingat adanya kemungkinan banyak umpan yang diberikan pada setiap pertandingan, membuat pembagi untuk keseluruhan pertandingan jadi besar. Akibatnya, total tingkat akurasi menjadi lebih kecil ketimbang pemain lain.

Berikut ini daftar 10 pemain yang memiliki tingkat akurasi terbaik di liga-liga Eropa musim lalu hasil penelitian dan perhitungan situs Whoscored.com:

1. David Fox, Norwich City

Total tingkat akurasi: 41,3 persen
Umpan akurat setiap pertandingan: 1,36

2. James Morrison, West Brom

Total tingkat akurasi: 39,3 persen
Umpan akurat setiap pertandingan: 1,10

3. Luka Modric, Tottenham Hotspur
Total tingkat akurasi: 37,7 persen
Umpan akurat setiap pertandingan: 1,28

4. Tamas Hajnal, Vfb Stuttgart
Total tingkat akurasi: 37,1 persen
Umpan akurat setiap pertandingan: 2,00

5. Mark Gower, Swansea

Total tingkat akurasi: 36,8 persen
Umpan akurat setiap pertandingan: 1,75

6. Jefferson Farfan, Schalke 04


Total tingkat akurasi: 36 persen
Umpan akurat setiap pertandingan: 2,35

7. Barry Bannan, Aston Villa


Total tingkat akurasi: 35 persen
Umpan akurat setiap pertandingan: 1,25

8. Anthony Pilkington, Norwich City

Total tingkat akurasi: 34,3 persen
Umpan akurat setiap pertandingan: 1,23

9. Andrea Pirlo, Juventus

Total tingkat akurasi: 34,2 persen
Umpan akurat setiap pertandingan: 2,51

10. Gabi, Atletico Madrid

Total tingkat akurasi: 34 persen
Umpan akurat setiap pertandingan: 1,71

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar