Senin, 17 September 2012

5 Bos Kartel Beltran Leyva Paling Dicari di Meksiko

Kartel Beltran Leyva (Spanyol: Cartel de los Beltrán Leyva atau CBL) adalah kartel narkoba Meksiko yang juga merupakan sindikat kejahatan terorganisir yang didirikan oleh empat bersaudara Beltran Leyva: Marcos Arturo, Carlos, Alfredo dan Hector.
Kartel ini bertanggung jawab atas perdagangan kokain, produksi ganja, dan produksi heroin. Kartel Beltran Leyva mengendalikan banyak jalur perdagangan narkoba, dan terlibat dalam penyelundupan manusia, pencucian uang, pemerasan, penculikan, pembunuhan dan perdagangan senjata. Atas kegiatannya tersebut, pemerintah Meksiko memburu para gembong Beltran Leyva. Berikut para bos kartel ini, beserta status keberadannya sekarang:

1. (Marcos) Arturo Beltran Leyva, Status: Terbunuh

Arturo Beltran Leyva adalah pemimpin dari organisasi perdagangan narkoba Meksiko yang dikenal sebagai Kartel Beltran Leyva. Beltran Leyva adalah kartel yang bertanggung jawab atas perdagangan transportasi, kokain, heroin, ganja, dan produksi methamphetamine. Kartel ini mengontrol banyak koridor perdagangan narkoba ke Amerika Serikat dan juga bertanggung jawab untuk penyelundupan manusia, pencucian uang, pemerasan, penculikan, pembunuhan, pembunuhan kontrak, penyiksaan, senjata dan tindakan-tindakan lain seperti kekerasan terhadap pria, wanita, dan anak-anak di Meksiko.
Organisasi ini disinyalir terhubung dengan pembunuhan sejumlah aparat penegak hukum Meksiko Sejak pertengahan 1990-an Arturo Beltran Leyva diduga kuat memimpin kelompok pembunuh untuk memperjuangkan jalur perdagangan di timur laut Meksiko. Pada tahun 2008, melalui penggunaan korupsi atau intimidasi, ia mampu menyusupi politisi Meksiko, lembaga peradilan dan lembaga polisi untuk mencuri informasi rahasia tentang operasi anti-narkoba, dan bahkan menyusup ke kantor Interpol di Meksiko.

2. Hector Beltran Leyva, Status: Buronan

Hector Beltran Leyva adalah gembong obat bius Meksiko dan pemimpin Kartel Beltran Leyva. Dia adalah saudara Arturo Beltran Leyva (mendiang), mantan pemimpin kartel. Hector adalah orang kedua terkuat di kartel ini, setelah kematian saudaranya pada 16 Desember 2009 saat konfrontasi dengan Marinir Meksiko. Saat ini, Departmen Luar Negeri AS menawarkan hadiah sebesar USD $ 5 juta untuk informasi yang dapat mengarahkan, penangkapan dan / atau penghukuman Héctor Beltrán Leyva. Sementara pemerintah Meksiko yang menawarkan hadiah USD $ 2.100.000.

3. Sergio Villarreal Barragan, Status: Tertangkap

Sergio Enrique Villarreal Barragán, alias El Grande, adalah mantan petugas federal polisi Meksiko yang kemudian bekerja sebagai letnan untuk Héctor Beltrán Leyva dari organisasi kriminalnya ang disebut kartel Beltran Leyva. Ia mendapat julukan El Grande (“The Big One”) karena ia memiliki postur tinggi 6 kaki 7 inci (2,01 m) tall. Pada 12 September 2010 ia ditangkap dalam sebuah serangan oleh Marinir Meksiko di negara bagian tengah Puebla. Villarreal telah didakwa atas pembunuhan ganda dan kejahatan lainnya. Pemerintah Meksiko telah menawarkan $ 30 juta peso ($ 2.500.000 USD) untuk informasi yang mengarah ke penangkapan Villarreal.
Villarreal Barragán diekstradisi ke Amerika Serikat pada tanggal 23 Mei 2012, dan kemungkinan besar  menjadi “saksi yang dilindungi” untuk DEA.

4. Edgar Valdez Villarreal, Status: Tertangkap

Edgar Valdez Villarreal juga dikenal sebagai La Barbie (“The Barbie”), adalah Meksiko-Amerika, yang lahir dan dibesarkan di Amerika Serikat, dan ditangkap di dekat Mexico City pada bulan Agustus 2010 atas tuduhan terkait dengan perdagangan narkoba skala besar dengan Kartel Beltran Leyva-.
Valdez bekerja selama beberapa tahun sebagai letnan kartel sebelum naik ke posisi puncak dalam skuad Los Negros. Setelah kematian bos kartel Arturo Beltran Leyva pada akhir tahun 2009, Valdez melakukan perang geng berdarah yang berlarut-larut untuk mengendalikan kartel hingga mengakibatkan lebih dari 150 kematian.
Pada 30 Agustus 2010, ia ditangkap oleh Polisi Federal Meksiko di sebuah rumah pedesaan di dekat Mexico City. Ia menghadapi tuduhan baik di Meksiko dan Amerika Serikat. Gengnya dikenal sebagai Los Negros bubar pada tahun 2011.

5. Francisco Hernandez Garcia, Status: Tertangkap

Francisco Hernández García alias “El 2000″, “El Panchillo” adalah seorang gembong narkotika Meksiko yang berasal dari Kartel Beltran Leyva. Dia ditangkap pada tanggal 4 November 2011. Departemen Kehakiman Amerika Serikat juga memiliki tuduhan terhadap Hernández García.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar